Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Mitos Seputar Sunscreen

Kita tahu bahwa penggunaan sunscreen sangatlah penting bagi kesehatan kulit, tapi ada beberapa orang yang mempercayai hal-hal aneh seputar sunscreen yang sebenarnya hanya mitos belaka. Apa saja? Yuk cari tahu bersama!

Sunscreen menyebabkan kanker : mitos yang satu ini sama sekali tidak benar! Kandungan sunscreen tidak benar-benar terserap dan membahayakan kulit kita. Namun jika anda masih memiliki kekhawatiran terhadap hal ini, pilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide yang lembut bagi kulit.

Jika tidak terkena sinar matahari, maka tidak perlu menggunakan sunscreen : meski kita tidak sedang berjemur atau berpanas-panas ria di bawah sinar matahari, tapi SPF tetap di perlukan untuk melindungi area tubuh yang terekspos. Sekeras apapun kita berusaha menutupi, tapi tetap saja ada beberapa bagian tubuh yang akan terkena teriknya sinar matahari meski sedikit. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga bukan?

Alergi pada “semua” sunscreen : beberapa orang mungkin mengalami alergi yang di sebabkan oleh bahan kimia tertentu yang terdapat di dalam sunscreen. Jika anda termasuk di antaranya, pilih sunscreen yang bebas bahan kimia atau chemical-free yang menggunakan zinc oxide atau  titanium dioxide.

Semua sunscreen sama : sangatlah penting untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB. Kebanyakan sunscreen yang beredar di pasaran sekarang ini sudah memiliki kemampuan dan formula yang dapat melindungi kulit dari kedua sinar UV, tapi anda harus memastikan bahwa sunscreen pilihan anda berlabel board spectrum untuk melindungi kulit secara maksimal.
Tidak perlu menggunakan sunscreen jika makeup sudah ber-SPF : anda tidak bisa benar-benar mengandalkan kandungan SPF yang ada dalam makeup. SPF yang ada dalam produk makeup anda seperti bb cream, foundation, atau bedak tidak dapat melindungi kulit secara maksimal terhadap sinar UV, terlebih lagi SPF dalam makeup biasanya hanya berjumlah sedikit. Pastikan anda tetap menggunakan sunscreen sebelum bermakeup untuk mendapatkan perlindungan yang cukup.

Menggunakan sunscreen berarti tidak akan membuat kulit menjadi lebih gelap : sunscreen mambantu kita untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit, namun bukan berarti kulit kita tidak akan menjadi lebih gelap dari sebelumnya meski menggunakan sunscreen. Kulit yang menggelap adalah reaksi alami inflamasi yang terjadi pada kulit dan cara kulit untuk melindungi dirinya.

Sunscreen yang waterproof berarti tidak akan luntur meskit terkena air : sebenarnya tidak ada yang namanya sunscreen yang benar-benar waterproof hingga tak luntur meski di guyur air. Yang ada hanyalah kemampuan sunscreen tersebut untuk bertahan melindungi kulit di dalam air selama beberapa waktu. Kuncinya adalah tetap mengoleskan kembali sunscreen anda selama beberapa jam setelah pemakaian pertama.

Kulit gelap tidak membutuhkan proteksi : meskipun orang yang berkulit putih lebih rentan terbakar sinar matahari, tapi bukan berarti anda yang berkulit lebih gelap juga tidak akan mengalami hal yang sama. Sangat penting untuk tetap melindungi kulit dari bahaya sinar UV tidak peduli terang atau gelapnya warna kulit anda.

Tak usah menggunakan sunscreen di belakang telinga dan leher : hal ini hanya akan membakara kulit anda terutama bila anda memiliki rambut pendek atau sering mengikat rambut anda ke atas. Penting untuk menggunakan sunscreen bahkan di bagian belakang telinga dan keseluruhan leher kita.

#Mitos #Sunscreen #Sinar #Telinga #Leher #Cosmekita
Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar