Diberdayakan oleh Blogger.

Kebiasaan Baik Untuk Tidur Yang Berkualitas

Beberapa dari kita mengalami kesulitan tidur atau yang biasa di sebut insomnia. Hal ini akan mengarah ke kurangnya waktu tidur berkualitas dan menyebabkan mood yang tidak stabil, kantung mata, lingkar hitam, hingga meningkatnya resiko depresi. Sekarang saatnya anda meningkatkan kualitas tidur anda dengan kebiasaan baik berikut ini

1.      Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam
Pada awalnya, anda akan kesulitan menerapkan hal ini dan tidak akan langsung tertidur. Tapi jika anda terus menerus melakukannya maka sebenarnya anda melatih tubuh anda untuk mengerti bahwa sekarang adalah waktunya untuk tidur.

2.      Bangun di waktu yang sama setiap pagi
Hal satu ini juga tidaklah mudah untuk dilakukan. Gunakan alarm untuk membangunkan anda di waktu yang sama setiap paginya, setelah beberapa lama anda akan terbiasa dan saat itulah anda berhasil melatih tubuh anda untuk mengerti kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun.

3.      Tempat tidur hanya untuk tidur
Lupakan untuk bermalas-malasan seharian di tempat tidur. Tempat tidur anda hanya memiliki satu fungsi utama yaitu untuk tidur. Dan yang terpenting, jangan memainkan gadget anda saat anda akan pergi tidur. Cahaya dari gadget anda akan menghambat produksi melatonin pada otak yang penting untuk proses tidur anda.

4.      Bangun dari tempat tidur jika anda terbangun
Jika anda terbangun tengah malam di tengah-tengah tidur anda dan tidak bisa tidur lagi dalam jangka waktu 20 menit, lebih baik anda bangun dari tempat tidur dan mengerjakan sesuatu seperti membaca buku atau melipat baju-baju. Dan ketika anda mulai mengantuk, kembali ke tempat tidur dan coba untuk tidur lagi.

5.      Rencanakan terlebih dahulu

Anda dapat memulai hari lebih awal dan merencanakan untuk tidur sesuai jadwal. Hindari kafein di waktu siang menjelang sore, begitu juga dengan alkohol. Beri jeda antara makan malam dan waktu tidur, porsi makan yang besar sebelum tidur dapat sangat mengganggu proses tidur. Coba untuk menenangkan tubuh anda dengan segelas susu hangat atau mandi air hangat sebelum tidur. 


0 komentar