Diberdayakan oleh Blogger.

Mitos Seputar Kulit Berminyak


Ada berbagai mitos seputar kulit berminyak yang tentu sering kita dengar, seperti larangan untuk memakai pelembab dan wajibnya penggunaan toner. Namun sebenarnya yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan apakah anda benar-benar memiliki kulit berminyak? Menurut Elizabeth Tanzi, M.D, pakar dermatologist Washington D.C kulit dapat dikatakan berminyak apabila memproduksi minyak berlebih dalam waktu 1 jam setelah mencuci muka. Lalu bagaimana dengan mitos-mitos seputar kulit berminyak? Mari cari tahu kebenarannya! 

Mitos 1 : Jangan Menggunakan Pelembab! 
Banyak orang dengan kulit berminyak berpikir bahwa menggunakan pelembab hanya akan membuat kulit semakin berminyak. Padahal, tidak menggunakan pelembab malah akan membuat kulit memproduksi minyak berlebih karena kehilangan kelembaban aslinya setelah mencuci muka. Anda dapat memilih pelembab berbentuk gel yang lebih bersahabat dengan kulit berminyak daripada pelembab berbentuk krim. 

Mitos 2 : Hanya Gunakan Produk Berlabel “Oil-Free” 
Faktanya, kebanyakan produk berlabel “Oil-Free” masih menggunakan 1 atau 2 komposisi yang mengandung minyak sehingga tidak sepenuhnya bebas minyak seperti yang tertera di label. Sebaiknya, cari produk untuk mengatasi kulit berminyak seperti oil blotting papper atau makeup primer. 

Mitos 3 : Toner Adalah Produk Wajib 
Semua jenis kulit dapat melengkapi perawatan wajahnya dengan toner, namun itu bukanlah langkah wajib yang harus dilakukan setiap hari oleh pemilik kulit berminyak. Jika anda menyukai sensai segar dan kencang setelah menggunakan toner, pilih toner yang mengandung glycolic acid yang dapat mengurangi minyak dan gunakan hanya pada area T saja seperti dahi dan hidung. 

Tips untuk kulit berminyak : 
1. Jika anda benar-benar memiliki kulit berminyak, gunakan cleanser yang mengandung salicylic acid yang dapat meminimalisir produksi minyak berlebih. 
2. Cuaca yang panas dapat memancing timbulnya minyak di wajah. Selalu bawa oil blotting paper untuk mengurangi tampilan minyak di wajah saat cuaca sedang terik. 
3. Selalu gunakan pelembab! Dengan mengaplikasikan pelembab setiap hari, anda dapat meminimalisir produksi minyak pada wajah. Coba bebrapa pelembab dengan formula berbeda untuk mengetahui pelembab mana yang paling cocok untuk kulit anda.


0 komentar