Diberdayakan oleh Blogger.

9 Tips Alami Agar Rambut Tidak Berminyak



Berikut beberapa tips alami agar rambut tidak berminyak. Inilah cara menghindari serta membersihkan rambut yang mempunyai kadar minyak berlebih.

Mengganti shampoo
Kadar minyak berlebih pada rambut bisa disebabkan karena shampoo yang Anda gunakan tidak cocok. Dengan mengganti shampoo akan membantu. Gunakanlah shampoo khusus rambut berminyak, jika cara ini tidak dapat membantu gunakanlah shampoo bayi.

Gunakan kondisioner
Menggunakan kondisioner dapat membantu menjaga kelembapan pada rambut Anda. Menggunakan kondisioner hanya pada ujung rambut atau lebih kepada rambut bukan kulit kepala. Hindari penggunaan kondisioner pada kulit kepala, untuk mencegah minyak yang tidak dapat terkontrol.

Bilas dengan air dingin
Penggunaan air hangat dapat membuat penumpukan minyak pada kulit kepala untuk itu, gunakan air dingin untuk membilas kulit kepala agar kulit kepala menjadi lebih lebih segar.

Rutin membersihkan
Rambut yang berminyak bukan berarti tidak boleh sering-sering terkena air, rambut berminyak harus sering-sering Anda bersihkan, maksimal 2 kali sehari. Dengan memfokuskan pembersihan pada tiap helai rambut, bukan pada kulit kepala. Dengan rutin membersikan rambut, maka akan mengurangi penumpukan minyak yang berlebih pada kulit kepala.

Keramas teratur
Keramas secara teratur guna menjaga kebersihan rambut, dengan keramas dua hari sekali dapat membantu mengatasi rambut berminyak. Karena ingin selalu menjaga kebersihan rmbut Anda, lantas Anda keramas setiap hari, hal tersebut justru akan membuat kulit kepala menjadi semakin berminyak.

Gunakan minyak kelapa
Rambut yang berminyak rentan terkena ketombe, untuk mencegah ketome pada kuit kepala gunakanlah minyak kelapa, oleskan minyak kelapa pada kepala, pijat secara halus dan diamkan selama ± 30 menit. Lakukanlah secara rutin sebelum Anda keramas.

Lemon
Menggunakan lemon dipercaya dapat membantu membersihkan kulit kepala, juga dapat mengurangi kadar minyak yang berlebih yang ada dikepala. Caranya, lemon dibersihkan terlebih dahulu, lalu diblender. Gunakan layaknya masker, oleskan pada kulit kepala lalu diamkan selama ± 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Penggunaan masker lemon ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

Bersihkan dengan Natrium bikarbonat atau soda kue
Mungkin Anda jarang mendengar cara membersihkan rambut berminyak menggunakan soda kue. Namun, hal tersebut bisa Anda coba. Baking soda mampu membersihkan minyak berlebih pada rambut,juga menghindari rambut dari ketombe. Caranya mudah, campurkan secangkir baking soda dengan satu liter air, lalu tuangkan kedalam wadah atau botol pelastik kemudian kocok campuran baking soda sebelum digunakan. Basahi rambut, lalu tuangkan baking soda cair yang telah dikocok sebelumya pada rambut layaknya shampoo biasa, pijit halus dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Hindari agar tidak terkena mata.

Hindari pemakaian gel atau vitamin rambut
Menggunakan gel atau vitamin memang membantu proses perawatan pada rambut, namun untuk rambut yang berminyak hindari pemakaian gel atau vitamin rambut, karena akan membuat rambut terlihat lepek. Selain itu, ketika rambut sedang mengalami masalah berminyak seperti ini, kurangi untuk menyisir rambut, tanpa Anda sadari ketika rambut disisir minyak yang ada didalam kulit kepala secara otomatis terangsang keluar dengan sendirinya. Sama halnya ketika menggaruk kulit kepala, hal tersebut dapat memicu sekresi minyak berlebih dan efeknya kulit kepala menjadi berketombe.

#cosmekita #tipsagarrambuttidakberminyak #rambutberminyak #beautyandhair #hairandbeauty #kesehatanrambut #rambutsehat #beautyinfo

Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar