Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta Diet Mayo

Fakta mengenai diet mayo - Cosmekita
Diet mayo di Indonesia lagi marak-maraknya. Kalau kamu punya berat badan yang mampu merusak alat penimbang berat, setidaknya kamu pasti sudah pernah dengar soal diet mayo, baik itu dari kerabat sesat atau langsung dari internet. Ada yang bilang (banyak malah) bahwa diet mayo bisa menguruskan badan 5 sampai 10 kilogram dalam waktu paling lama 2 minggu saja. Dari semua metode diet yang pernah ada di Indonesia, belum pernah ada program diet yang memberikan janji muluk-muluk seperti ini sebelumnya. Tapi bagi mereka yang punya masalah berat badan + mager permanen, diet mayo ini adalah sebuah kabar yang disambut dengan gegap gempita. Kabar gembira ini dibarengi dengan menjamurnya jasa katering yang menawarkan menu makanan ala diet mayo. Ironinya, mereka mematok harga yang bahkan jauh lebih tinggi dari biaya makan sehari-hari 5 orang tergemuk sekalipun (dengan range 1 sampai 1,5 untuk 13 hari katering).

Pertanyaan yang kemudian datang adalah, apa sebenarnya diet mayo ini? Apakah benar dengan diet mayo berat badan bisa turun berkilo-kilo dalam hanya 2 minggu saja? Ataukah diet mayo ini cuma janji-janji php saja buat mereka yang sudah putus asa menguruskan badan? Nah, dipostingan ini akan kita kupas tuntas fakta tentang diet mayo di Indonesia.
Sebelum kita bahas seperti apa program diet mayo yang asli, kita bahas dulu program diet mayo yang ada di Indonesia.

Diet Mayo Di Indonesia
Untuk keperluan mengumpulkan data, saya sempat bertanya-tanya sebagai seorang calon pelanggan di salah satu jasa katering diet mayo di kota saya berdomisili. Dari jasa katering tersebut, saya mendapat banyak keterangan soal diet mayo.

Katering diet mayo ini minimal diambil untuk 13 hari. Selama masa itu, mereka menyuplai makanan-makanan khusus yang “katanya” ala diet mayo. Kata mereka, pada dasarnya makanan yang mereka buat terbebas dari minyak ataupun garam, dan semuanya diolah dengan cara direbus atau dikukus sesuai metode diet mayo. Menu mereka katanya akan banyak didominasi oleh sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar (yuck!). Mengakhiri penjelasan mereka tentang diet mayo, mereka mengumbar janji politik yang kira-kira berbunyi seperti ini: Dengan hanya mengkonsumsi menu makanan dari kami, berat badan Bapak bakal turun sampai 10 kilogram dalam 2 minggu saja, tanpa olahraga!

Ada dua hal yang perlu saya garis bawahi dari pernyataan mereka ini:
1. Saya tersinggung dipanggil Bapak,
2. Bagaimana caranya bisa turun 10 kilogram tanpa pembakaran dari olahraga?
Pertama, mereka sudah menghina saya bahkan sebelum saya resmi jadi pelanggan! (okay, ini mungkin memang tidak nyambung dengan persoalan diet mayo)
Kedua, apa penjelasan logis yang membuat sayur-sayuran kukus bisa memangkas berat badan sebanyak 10 kg dalam 2 minggu, tanpa olahraga?
Saya sudah pernah berhasil menurunkan berat badan 10kg dalam waktu 2 bulan dengan metode OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet). Menjaga pola makan + olahraga ala OCD menurut saya cukup masuk akal dan 10kg dalam 2 bulan adalah prestasi yang cukup memuaskan. Tapi 10 kg dalam 2 minggu hanya dengan makanan? Ini hanya bisa terjadi pada pasien koma yang hanya diberi asupan makanan dari infus berkualitas rendah yang disediakan Askes.

Cerita horornya tidak hanya sampai disitu. Ketika saya tanyakan harga katering diet mayo untuk 13 hari itu, coba tebak berapa harga yang mereka patok? Tidak tanggung-tanggung, 1,3 juta rupiah untuk 13 hari! Ya, mereka meminta saya membayar 1,3 juta untuk makanan hewan herbivora selama 13 hari.

Saya tidak bilang makanan ala diet mayo itu tidak sehat. Sebaliknya, saya percaya bahwa makanan diet mayo itu sehat karena kaya protein dan rendah karbohidrat. Secara sederhana, ketika tubuh tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup untuk beraktivitas, tubuh secara otomatis akan mengambil tenaga dari cadangan gula dan lemak. Ini pastinya akan sangat membantu pembakaran penumpukan lemak kita. HANYA SAJA, pembakaran inipun tidak akan pernah cukup untuk memangkas 10 kg dalam 2 minggu.

Saya yakin sudah banyak orang (terutama cewek) yang jadi korban katering diet mayo ini. Orang-orang yang sudah putus asa menurunkan berat badannya selalu jadi sasaran mudah dari pembodohan ini. Uang jutaan rupiah dalam 2 minggu pastinya bukan jumlah yang sedikit untuk kebanyakan orang. Sayang sekali jika harus dikeluarkan cuma untuk sebuah program diet yang salah.

Karena inilah saya tertarik untuk menelusuri asal muasal diet mayo yang sebenarnya. Dari hasil penelusuran tersebut, saya temukan bahwa diet mayo di Indonesia bukanlah diet mayo yang sebenarnya. Diet mayo yang digembar-gemborkan para pengusaha katering ini diambil dari sebuah buku program diet yang dirilis tahun 2010 dan dengan sengaja dijadikan kesempatan untuk meraup keuntungan (miris!).
Berikut faktanya…

Apa Sebenarnya Diet Mayo Ini?
Bagi kamu-kamu yang belum pernah dengar, diet mayo adalah sebuah metode dan program diet yang dibuat berdasarkan penelitian oleh organisasi Mayo Clinic. Organisasi ini didirikan pada 30 September 1889, diiisi oleh tenaga-tenaga medis dan fisikawan yang saat ini berpusat di Rochester, Minnesota. Situs resminya adalah mayoclinic.org (silahkan dicek sendiri).

Nah, diet mayo ini adalah program diet yang mereka rampungkan dalam sebuah buku berjudul The Mayo Clinic Diet yang dirilis pada tahun 2010. Dari buku inilah umat nabi Adam pertama kali mengenal istilah diet mayo. Lalu apakah mereka juga menjanjikan penurunan berat badan 10kg dalam 2 minggu hanya dengan makanan kuda? Tentu saja tidak!
Berikut ini lansiran yang saya comot langsung dari mayoclinic.org beserta terjemahannya (buat kamu-kamu yang suka bolos pelajaran bahasa Inggris waktu sekolah dulu).

 The Mayo Clinic Diet is the official diet developed by Mayo Clinic, based on research and clinical experience and detailed in the book of the same name, published in 2010. You might have tried what you thought was a Mayo Clinic diet — something you saw on the Internet or that was passed along by friends — but it was probably bogus. The true Mayo Clinic Diet says that successful, long-term weight control needs to focus on your overall health, not just what you eat. It also emphasizes that the best way to manage weight long-term requires changing your lifestyle and adopting new health habits. The Mayo Clinic Diet can be tailored to your own individual needs and situations — it isn’t a one-size-fits-all approach.

Artinya kira-kira:
Mayo Clinic Diet adalah program diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic, berdasarkan penelitian dan pengalaman klinik dan detail di dalam buku dengan judul yang sama (Mayo Clinic Diet), yang dipublikasikan pada 2010. Anda mungkin sudah pernah mencoba apa yang Anda anggap adalah Mayo Clinic Diet – mungkin dari yang Anda lihat di internet atau diberikan oleh kerabat Anda – tapi kemungkinan itu palsu. Mayo Clinic Diet yang asli mengatakan bahwa program diet yang sukses dan kontrol berat badan jangka panjang harus berfokus pada kesehatan secara umum, bukan hanya terhadap apa yang Anda makan. Mayo Clinic Diet juga menekankan bahwa cara terbaik untuk mengatur berat badan jangka panjang mengharuskan Anda merubah gaya hidup dan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan sehat baru. Mayo Clinic Diet bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi individual Anda – it isn’t a one-size-fits-all approach. (sori, kalimat yang terakhir ini saya bingung terjemahinnya).

Yang ini juga penting:
This is a two-week phase that allows you to jump-start your weight loss, losing as much as 6 to 10 pounds (2.7 to 4.5 kilograms) in a healthy way. In this phase, you focus on lifestyle habits. You learn how to add five healthy habits, break five unhealthy habits and adopt another five bonus healthy habits. This phase also includes getting at least 30 minutes of physical activity or exercise every day.
Artinya kurang lebih:

Ini adalah fase 2 minggu yang bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat, menurunkan 6 sampai 10 pounds  (2.7 sampai 4.5 kilogram) dengan cara yang sehat (sudah jelas bukan 10 kg dalam 2 minggu!). Anda belajar untuk menambahkan 5 kebiasaan sehat, menghilangkan 5 kebiasaan yang tidak sehat dan menambahkan 5 bonus kebiasaan sehat yang lain. Fase ini juga termasuk dengan aktivitas fisik dan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari (nah lo!).

Kamu bisa baca langsung halamannya disini: http://www.mayoclinic.org/healthy-living/weight-loss/in-depth/mayo-clinic-diet/art-20045460

Kesimpulan
Diet mayo dan bisnis pembodohan yang mengikutinya ini cuma salah satu trend diet aja di Indonesia. Setelah diet mayo, mungkin akan ada lagi program-program diet palsu berikutnya yang siap memangkas isi rekening kamu. Dari artikel ini kamu sudah bisa belajar beberapa hal:

– Untuk semua program diet yang ditawarkan, cari dulu asal usulnya. Jangan pernah percaya testimoni dan foto before-after yang digembar-gemborkan orang-orang, karena kalau kamu menguasai program Photoshop, kamu akan lihat betapa mudahnya membuat tubuh Pretty Asmara jadi seperti Luna Maya.

– Untuk semua program diet yang ditawarkan, selalu ingat satu hal yang pasti: Program diet yang sukses selalu melibatkan hidup sehat dengan olahraga, apapun menu makanan yang mereka rekomendasikan.

Mengetahui 2 poin di atas saja sudah lebih dari cukup untuk menghidarkan kamu dari risiko menjadi korban program-program diet pembodohan, seperti diet mayo ala Indonesia. Semoga bermanfaat.

#cosmekita #dietmayo #faktadietmayo #healthy #kesehatan #infokesehatan

Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar