Diberdayakan oleh Blogger.

Efek Samping Penggunaan Softlens

@japansoftlens - angiebeautydiaries.blogspot.co.id - Photo by Sharon - Cosmekita
Penggunaan lensa kontak atau softlens beberapa tahun belakangan memang sedang menjadi tren. Beragam softlens digunakan dengan berbagai alasan, mulai dari kebutuhan untuk membantu penglihatan hingga untuk mempercantik penampilan.

Kebanyakan wanita saat ini menggunakan softlens non-minus dengan diameter besar untuk mempertajam mata. Apalagi berbagai merek softlens kian marak beredar dengan harga miring.

Tapi apakah softlens aman bagi mata Anda?

Pemakaian softlens memang tidak bisa sembarangan. Softlens harus dirawat dengan baik agar tidak berjamur sehingga membuat mata jadi iritasi.

Tidak sedikit orang yang harus menanggung dampak buruk yang terjadi pada mata mereka sebagai akibat pemakaian softlens yang kurang berhati-hati. Maka dari itu jangan abaikan efek samping pada softlens ya, ladies.

Merk softlens juga mempengaruhi tingkat kualitas dari softlens tersebut, salah satu brand softlens yang sudah di akui oleh FDA Amerika adalah Japan Softlens, softlens asli import Jepang dengan kualitas sangat baik. Mengandung 45% kadar air yang membuat mata anda terasa nyaman walau dipakai lebih dari 8jam dalam sehari. Japan softlens juga teruji klinis 4x uji labolatorium, oleh karena itu mengenai masalah kualitas softlens ini sendiri sudah tidak usah diragukan lagi alias sudah sangat terjamin.

Namun untuk pemakaian softlens sendiri, tetap harus dijaga kebersihan saat pemakaian. Baik dari kebersihan softlens sebelum dipakai maupun kebersihan tangan saat meletakan softlens dan melepaskannya dari mata anda. Sangat tidak diperbolehkan memelihara kuku panjang jika anda ingin mengenakan softlens, karena disela kuku panjang terkandung banyak bakteri kecil yang akan mencemari jari anda saat peletakkan maupun pelepasan softlens.

Berikut efek samping pemakaian softlens yang harus diperhatikan oleh pengguna:

1. Menyebabkan Kekeringan pada Mata
Penggunaan softlens dapat menyebabkan kekeringan pada mata. Oleh karena itu, air dalam mata haruslah tercukupi karena bisa mengakibatkan dehidrasi. Hal ini akan menyebabkan ditariknya air mata oleh softlens sehingga mata menjadi kering. Solusinya, Anda bisa memilih softlens yang memiliki kadar air rendah agar mata tetap nyaman dikenakan, serta selalu menyiapkan tetes mata khusus penggunaan softlens.
Japan softlens mengandung 45% kadar air sehingga normal dikenakan pada mata anda.

2. Menghalangi Masuknya Oksigen
Pemakaian softlens akan menghalangi masuknya oksigen ke dalam kornea mata, karena softlens menutupi kornea. Bila digunakan dalam jangka waktu lama, kornea akan mengalami kekurangan oksigen. Akibatnya, sel-sel epitel pada kornea tidak dapat beregenerasi dengan normal dan menjadi tidak sehat yang menyebabkan bengkak, keruh, kusam, dan kornea bisa menebal. Sel-sel yang kekurangan oksigen pun akan mengalami penurunan daya tahan terhadap invasi kuman sehingga menyebabkan infeksi pada mata.
Oleh karena itu, kenakanlah softlens dengan kadar air kecil normal 45% agar daya serap softlens terhadap air mata sempurna sehingga nyaman dan aman dikenakan lebih dari 8jam tanpa tetes mata. Japan softlens menjamin pemakaian aman dan nyaman pada mata apa lagi jika ada acara yang cukup lama diluar ruangan.

Solusinya, gunakan softlens tak lebih dari dua belas jam setiap harinya, hindari debu masuk ke dalam mata secara berlebihan dan setelah softlens dilepas, teteskan mata dengan obat tetes agar tidak iritasi. Selain itu, saat hendak tidur jangan lupa melepaskan softlens.

3. Bersifat Alergenik
Softlens bisa menimbulkan reaksi alergi pada penggunaan jangka panjang. Alergi memang tidak terjadi pada awal pemakaian saja. Nah, hal ini lah yang umumnya luput dari perhatian si pemakai. Sel pada mata yang dipapar dengan alergen akan merespons dengan membentuk antibodi. Saat antibodi masih sedikit, antigen+antibodi belum menimbulkan alergi. Ketika antibodi sudah memperbanyak diri barulah terjadi reaksi alergi.
Apabila terjadi alergi maka reaksi awal adalah mata yang terasa gatal, seperti ada yang mengganjal di belakang kelopak mata. Setelah itu umumnya akan timbul benjolan-benjolan kecil pada mata sehingga akan menyebabkan softlens bergeser pada saat dipakai. Jika ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter agar tidak ada dampak buruk berkepanjangan.
Japan softlens teruji klinis dan diakui oleh FDA Amerika dengan 4x uji labolatorium, lebih banyak dibandingan dengan merk softlens lain karena Japan softlens benar mementingkan kualitas dan kenyamanan saat dikenakan pada mata.

Namun, penjelasan di atas jangan sampai mengurungkan niat para ladies untuk mengekspresikan diri dengan memakai softlens ya. Perawatan softlens yang baik dan penggunaan yang benar seharus tak membuat kalian khawatir akan dampak softlens pada mata.
Untuk order Japan Softlens, bisa menghubungi:

Line: @japansoftlens (pake @)
Instagram : @japansoftlens
atau langsung ke : shop.japansoftlens.com

Gunakanlah selalu softlens yang benar sudah teruji keamanannya demi kenyaman dan kesehatan mata anda. Dengan mengenakan softlens dengan baik dan benar, mencuci tangan bersih sebelum melepas dan memasang, akan sangat kecil anda mendapat kemungkinan dari efek samping diatas.

Selamat mencoba ,ladies !

#cosmekita #softlens #japansoftlens #efeksampingmenggunakansoftlens #efeksampingjapansoftlens

Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar