Diberdayakan oleh Blogger.

Dampak dan Bahaya Mandi Pada Malam Hari

Bahaya mandi malam bagi kesehatan - Cosmekita
Tahukah kamu, kerap kali orang tua mengatakan "jangan mandi di malam hari!" itu adalah betul faktanya? Berikut penjelasan mengapa mandi malam itu berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan :

Menyebabkan masuk angin
Efek samping mandi malam yang pertama adalah dapat menyebab masuk angin. Ini karena saat malam hari tubuh anda yang terkena air akan menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Apalagi jika memang kondisi tubuh anda tidak sehat atau berada pada suhu yang masih tinggi dan panas.

Membuat demam
Saat malam hari tubuh manusia mulai meningkat dan pori-pori tubuh serta panas tubuh juga akan meningkat. Oleh sebab itu sebaiknya hindari kebiasaan mandi malam karena jika tubuh panas dan disiram air dingin dapat membuat pori-pori terbuka sehingga membuat badan menjadi panas dan dingin seperti demam.

Menyebabkan nyeri otot
Air dingin malam hari yang merasuki tubuh melalui pori-pori tubuh lambat laun akan menyebabkan rasa nyeri pada otot. Banyak sekali keluhan yang dirasakan jika mandi malam pada bagian otot tubuh, seperti otot akan terasa sakit atau nyeri dan bahkan terasa kaku.

Menyebabkan rematik
Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling dikaitkan dengan 5 bahaya mandi malam yang harus diwaspadai. Rematik merupakan penyakit karena adanya peradangan persendian sehingga membuat seseorang merasakan nyeri pada sendi. Penyakit ini banyak yang mengatakan karena faktor kelainan genetik yang dapat menyerang mereka dengan usia produktif. Penyakit ini memang tidak berbahaya namun apabila tidak segera ditangani dapat menganggu aktifitas anda. Untuk penderita rematik sebaiknya menggunakan air hangat jika mandi, namun tidak dianjurkan mandi malam hari karena ini akan berdampak negatif bagi kesehatan anda.

Menyebabkan penuaan dini
Mandi malam ternyata dapat menyebabkan penuaan dini, tentu saja untuk wanita ini sangat dihindari. Mengapa mandi malam dikaitkan dengan penuaan dini? Ini karena mandi malam membuat tubuh tidak mampu menerima rangsangan air dingin saat kita mandi di malam hari. Hal inilah nantinya membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat. Hal inilah yang membuat suplai kalori dan oksigen dalam tubuh tidak stabil sehingga menyebabkan penuaan dini.

#cosmekita #bahayamandimalam #healthy #infokesehatan

Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar