Diberdayakan oleh Blogger.

Manakah yang Lebih Bahaya, Sinar UVA atau UVB?


Sejauh mana Anda tahu mengenai bahaya sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit dan memicu risiko kanker? Bila di antara Anda masih terdapat banyak pertanyaan mengenai hal tersebut, fenomena ini tentu pantas terjadi.

Pasalnya, belum ada edukasi dan informasi yang jelas dan benar secara menyeluruh dari instansi pemerintah terkait bahaya sinar ultraviolet bagi kulit tubuh manusia. Sehingga, masyarakat sering mendapat informasi bias dan hanya bergantung pada persepsi umum semata.

Kurniawati Kusnadi, Senior Manager Marketing Home and Personal Care Chemicals dari BASF pun mengakuinya. Ditemui di sela-sela acara Myth and Facts About Sunscreen with BASF di Kuningan, Jakarta, Selasa (24/3), Kurniawati memaparkan penjelasan secara detail tentang bahaya sinar ultraviolet bagi kulit .

Menurutnya, sinar UVA masuk menembus bumi hingga 98 persen, sisanya adalah 2 persen untuk sinar UVB. Berdasarkan alasan tersebut, ia pun menyarankan Anda menghindari aktivitas siang pada antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Sebab, di antara waktu tersebut, sinar UVA/UVB sedang berada di titik puncaknya.

“Bukan hanya soal mana yang lebih berbahaya, masyarakat awam tidak tahu bahwa sinar UV bisa menembus air ke titik terdalam. Banyaknya awan juga tidak berpengaruh karena sinar UV tetap bisa mengenai kulit Anda,” ungkap Kurniawati.

Terkait pertanyaan soal manakah yang lebih bahaya antara sinar UVA atau UVB , maka dia pun mengakui bahwa masing-masing sinar ultraviolet tersebut memiliki perbedaan.

Sinar UVA berdampak pada timbulnya masalah aging atau penuaan, sedangkan dampak sinar UVB menyebabkan sunburn atau terbakarnya kulit.

“Sinar UVA erat kaitannya dengan photo-aging kulit seseorang serta menurunnya kadar elastisitas, sinar UVB lebih pada kondisi kemerahan (erythema ) dan kulit perih mengelupas. Contoh paling konkret adalah kulit orang yang selalu bekerja terpapar sinar matahari,” tambahnya.

Lebih lanjut, keduanya tetap diklaim mampu merusak kesehatan kulit dan menyebabkan risiko kanker kulit. Oleh karenanya, Kurniawati sangat menganjurkan masyarakat memilih dan memakai tabir surya yang tepat dan mampu melapisi serta melindungi kondisi kulit secara intens.

#beauty #cosmekita #info #beautytips #tipskecantikan #sinar #uva #uvb

Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita

0 komentar