Diberdayakan oleh Blogger.

Kebiasaan Penyebab Keriput



Keriput adalah masalah yang pasti dialami seluruh wanita terutama yang telah mulai memasuki umur yang tak lagi muda. Keriput memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat dan diminimalisir. Nah jika kamu merasa bahwa kulit wajahmu cepat keriput dan tidak sesuai dengan usiamu, kemungkinan kamu telah melakukan kebiasaan berikut ini secara terus-menerus :

1.Posisi Tidur
Perhatikan posisi tidurmu ya girls. Posisi tidur menyamping atau bahkan tengkurap ternyata dapat membuat kulit wajah cepat keriput. Hal ini dikarenakan dengan posisi tidur seperti itu setiap hari, akan membuat beban kepala tertuju justru ke wajah dan membuat kulit wajah terus terkekan selama berjam-jam setiap harinya.

2.Mengoleskan krim dan membersihkan atau men-scrub wajah ke Arah yang Salah
Cara kamu membersihkan wajah, men-scrub atau bahkan mengoleskan krim juga bisa menjadi pemicu cepatnya kulitmu menjadi keriput. Kebiasaan rutin yang selalu dilakukan setiap harinya dengan cara yang salah memang bisa menimbulkan dampak negative tanpa kita ketahui. Sebaiknya oles atau usap wajah yang berlawanan dengan gravitasi atau kearah atas. Karena jika kamu mengoleskannya ke arah bawah, hal itu justru memercepat munculnya keriput pada wajah.

3.Kebiasaan Mengerutkan Dahi dan Bibir serta Menyipitkan Mata
Mungkin memang hal ini terlihat sepele, namun kebiasaan buruk ini juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya keriput lebih cepat lho. Contoh saja saat kamu mengerutkan dahi, maka hal itu dapat memperjelas garis-garis di kening. Sama halnya mengerucutkan bibir yang dapat memperbanyak keriput di sekitar area mulut. Gerakan mengerutkan bibir ke depan saat menyedot dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitar bibir. Jika sering dilakukan, hal tersebut akan  membuat kulit bibir menjadi tegang dan semakin memperdalam serta memperjelas lipatan-lipatan pada bibir. Menyipitkan mata juga dapat membuat kerutan di area sekitar mata terlihat semakin jelas. Jika kamu memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus, sebaiknya gunakan kacamata atau soft lens untuk membantu kamu melihat dengan lebih jelas, tanpa harus menyipitkan mata.

4.Berat Badan Turun Secara Drastis
Diet ? boleh saja kok. Tapi sebaiknya jangan lakukan diet secara ekstrim. Jika kamu tiba-tiba mengalami penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat, tentunya membuat banyak lapisan lemak di bawah kulit yang turut hilang. Kulit memang memiliki elastisitas, namun tidak dapat beradaptasi secepat berat badan. Hal inilah yang bisa menimbulkan kulit keriput atau bergelambir.

5.Tidak Memakai Sunblock dan Kacamata Hitam
Matahari di siang hari memang musuh bagi kulit kita. Paparan langsung sinar matahari terhdap kulit kita selama 5 sampai 10 menit sehari dapat menyebakan kerusakan kulit secara signifikan. Apalagi kulit daerah mata adalah kulit yang halus dan sensitive, tentunya sinar UV bisa membut keriput lebih cepat timbul. Oleh karena itu jangan lupa memakai kacamata hitam dan sunblock saat kamu beraktivitas di luar ruangan terutama pada siang hari ya.

6.Kurang Tidur
Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh, termasuk sel kulit untuk melakukan regenerasi atau perbaikan. Pada saat beraktivitas di luar rumah di siang hari, sel-sel kulit sudah berjuang melawan paparan sinar UV dari matahari dan radikal bebas. Oleh karena itu, diperlukan waktu tidur yang cukup agar sel-sel kulit dapat melakukan perbaikan. Kurangnya tidur akan menyebabkan proses regenerasi sel terganggu sehingga menyebabkan penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit wajah yang kusam dan munculnya lingkaran hitam pada area mata.

7.Merokok
Merokok memang tidak baik bagi kulit. Kebiasaan merokok akan membuat kulit mudah kering, kusam dan tentunya mudah berkeriput. Bahkan jika kamu tidak merokok, hindari juga paparan asap rokok secara langsung. Hal tersebut dikarenakan paparan dari asap rokok secara langsung juga dapat membuat kulit kering dan lebih cepat keriput. Nah jika kamu seorang perokok, sebaiknya kamu mengurangi dan menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut mulai dari sekarang.

8.Tidak Menghapus Make up dan Membersihkan Wajah Sebelum Tidur
Jangan tidur dengan menggunakan make up. Kandungan kimia pada make up bisa membuat wajahmu lebih cepat tampak tua bahkan timbul keriput. Berbeda dengan krim malam. Make up tidak dirancang untuk menjaga dan menutrisi kulitmu pada malam hari. Sebaliknya justru dapat merusak kulitmu. Jadi biasankan cuci muka sebelum tidur.

#cosmekita #kecantikan #keriput #beautytips #tipskecantikan


Facebook : Cosmekita
Twitter : @Cosmekita
Instagram : cosmekita











0 komentar